Neurokognisi


Neurokognisi atau neuropsikologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara pengetahuan tentang neuron dan psikologi kognitif. Bagian yang paling penting dari sis-tem syaraf adalah neuron. Neuron terdiri dari Soma, Dendrit, Axon dengan Arborization sebagai cabangnya dan Terminal Button pada ujung dari Arborization.
       Pertemuan antara axon dengan dendrit disebut synapse dan pola komunikasi antar neuron umumnya dengan neurotransmitter.
       Otak dibagi menjadi 2 struktur yang sama, yaitu Cerebral Hemisphere kiri dan ka-nan. Kedua hemisphere dibungkus dengan Cerebral Cortex yang berlipat-lipat sehingga terjadi Sulkus dan Girus. Proses informasi diotak berjalan secara kontralateral, dimana bagian tubuh sebelah kanan berhubungan dengan Hemisphere kiri dan sebaliknya.
      Tiap hemisphere dibagi menjadi empat lobus, yaitu : L. Frontalis, L. Parietalis, L. Temporalis dan L. Oksipitalis. Hemisphere kiri berhubungan dengan proses simbolik dan analisa, sedangkan Hemisphere kanan berhubungan de-ngan proses persepsi dan spatial.
      Banyak fungsi mental tingkat tinggi (mis. berfikir, belajar, mengingat) adalah redu-dantly processed.  Von Neumann mengatakan bahwa neuron-neuron memproses infor-masi secara seri, tetapi hal ini tidak sesuai dengan pendapat Lashley yang mengatakan bahwa kerusakan pada suatu hubungan tidak akan mempengaruhi proses pengiriman in-formasi.  Model yang lebih cocok dengan pendapat Lashley adalah model yang lebih kompleks dari model seri, yaitu model hubungan seri-paralel (seri hubungan paralel).
      Sensasi adalah proses yang berkaitan dengan penerimaan energi stimulus oleh alat indera kita, sedangkan persepsi adalah proses yang berkaitan dengan interpretasi dan pe-mahan sensasi.
      Susunan visual dimulai dari foto reseptor, yang dapat dibagi menjadi dua tipe, yaitu cones dan rods. Fovea (pada retina) merupakan daerah ketajaman yang paling tinggi.
      Selain itu Neurokognisi yang mempelajari hubungan antara pengetahuan neuron dan psikologi kognitif juga membicarakan teori-teori tentang pikiran (mind) yang berhubung-an dengan : Memori, sensasi/persepsi, pemecahan masalah, fungsi motorik dan kognisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *