5 Tempat Wisata Unik di Madura

 
Pulau Madura di sebelah timur laut Jawa Timur mempunyai banyak keunikan, dan salah satunya adalah objek wisatanya. Mungkin belum banyak orang menyadari akan potensi Pulau Madura baik dari segi kekayaan alam, nilai historis, maupun pariwisatanya. Padahal akses menuju pulau ini sudah sedemikian terbuka berkat jalur penyeberangan Surabaya – Madura yang dihubungkan oleh sebuah jembatan panjang bernama Suramadu. Siapa tahu Anda dapat tiket promo ke Surabaya, Anda bisa sempatkan menyeberang ke Pulau Madura dan mengunjungi beberapa objek wisatanya yang unik berikut ini.
1.       Air Terjun Toroan
Air terjun ini berada di Desa Ketapang Daya, Kecamatan Ketapang, sekitar 43 kilometer ke arah utara Pulau Madura. Kalau Anda menyusuri jalur Sampang – Ketapang – Sokobanah, Anda bisa berhenti menepi, biasanya suara deru air terjun sudah terdengar dari jalanan. Keunikan air terjun ini yaitu airnya langsung jatuh ke laut, dan menyatu dengan lautan. Pemandangannya mengesankan hingga kerap dijadikan lokasi foto prewedding  warga Madura dan sekitarnya. Namun Anda harus mencari jalur turun ke bawah air terjun agar cukup aman untuk menikmatinya.
2.       Pantai Lombang
Pantai Lombang berlokasi di sebelah timur Kota Sumenep. Anda perlu menyusuri jalan pedesaan yang cukup panjang untuk menuju pantai ini. Pantainya luas dan berpasir putih, hamparan pohon cemara di sepanjang pesisir pantai ini membuatnya lebih indah dan unik, sebab pohon cemara di Lombang adalah Pohon Cemara Udang yang langka, dan hanya ada di Cina dan kalau di Indonesia mungkin hanya di Madura. Pohon-pohon ini ada yang dibonsai lalu dijual pada pengunjung oleh warga lokal. Keindahan Pantai Lombang ketika matahari terbit dan tenggelam sungguh dramatis dan tak terlupakan.
3.       Bukit Jaddih
Gunung Jaddih atau Bukit Jaddih adalah situs penambangan batu kapur putih di Desa Jaddih, dekat Kota Bangkalan. Bekas tambang batu gamping atau batu kapur ini mirip Grand Canyon di Colorado, dalam versi putih. Objek wisata yang unik, menarik dan cocok pula dijadikan lokasi prewed. Sebab sebagian besar tanah di Pulau Madura memang berbahan induk batu kapur, di mana jarang ditemukan di daerah lainnya.
4.       Tambang Kapur Arosbaya
Satu lagi objek tambang batu kapur yang sangat unik dan menarik di daerah Arosbaya, dekat lokasi makam Aer Mata Ebu. Objek ini kian diburu wisatawan dan penggiat fotografi lantaran keunikan dan keindahannya. Berbeda dengan Bukit Jaddih yang berwarna putih, tambang kapur yang satu ini berwarna kuning kemerahan. Banyak lorong-lorong batu kapur yang sudah dieksploitasi sejak ratusan tahun lalu kini menjadi objek batu yang eksotis. Area bukit kapur ini amat luas, Anda bisa menghabiskan banyak waktu hanya untuk menyusuri dan mengagumi keindahan di tempat ini saja. Tambang kapur ini masih aktif dan sering juga dijadikan lokasi foto prewed.
5.       Wisata Kota Tua Kalianget
Kalianget adalah sebuah lokasi di Sumenep di mana pada jaman Belanda dulu merupakan kota modern pertama di Madura. Ada banyak bangunan berarsitektur unik yang bernilai historis tinggi, seperti gedung pembangkit listrik pertama, Benteng VOC, gedung perusahaan garam, gudang garam, kolam renang peninggalan Belanda, dan banyak lagi lainnya. Bangunan-bangunan kuno ini bisa bebas Anda kunjungi dan tentu sangat menarik untuk lokasi berfoto.
Masih banyak objek wisata di Madura yang keren dan menyimpan kisah-kisah menarik. Kini, kunjungan Anda ke Madura akan jauh lebih bermakna ketimbang sekedar menyantap Bebek Sinjay dan berbelanja Batik Madura atau Jamu Madura. Anda pun bisa membawa pulang kisah-kisah menarik dan foto-foto keren dari keunikan tanah Madura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *